FAQ


Pertanyaan Umum

Di EasyParcel Anda bisa melihat ongkir dari beberapa kurir yang berbeda dan Anda juga bisa memesan kurir secara online.

Semua pesanan termasuk layanan penjemputan dari kurir pilihan Anda tidak dikenakan biaya tambahan. Nomor resi segera Anda dapatkan ketika Anda selesai memesan kurir. Cetak resi Anda, kemudian tempelkan resi pada paket dan kurir akan segera tiba (antara pukul 13.00-18.00) untuk menjemput paket Anda! Semua pesanan akan diproses secara otomatis oleh kurir melalui website EasyParcel.

EasyParcel courier partners include GrabExpress, ESL Express, Atrixpress, Firstlogistics, PCP Express, SAP Express.

Buatlah pesanan secara online melalui www.EasyParcel.co.id dan kurir pilihan anda akan menjemput paket di lokasi Anda. Cek cara mudah untuk memesan kurir berikut ini:

Langkah 1: Login ke akun EasyParcel Anda.

Langkah 2: Cek ongkir dengan memasukkan Kota Asal, Kota Tujuan, dan berat paket.

Langkah 3: Pilih tanggal penjemputan dan kurir yang Anda mau.

Langkah 4: masukkan rincian pengiriman Anda dan klik “next”.

Langkah 5: konfirmasikan pemesanan Anda dan klik “keluar”.

Langkah 6: Ketika pesanan dikonfirmasi klik tombol "Bayar dengan Kredit Sekarang". Untuk akun baru, Anda akan mendapatkan Rp 50.000 ketika mendaftar untuk mencoba pengiriman secara gratis.

Langkah 7: Cetak resi, tempelkan resi pada paket Anda dan tunggu paket dijemput.

Jika Anda memiliki beberapa paket yang harus dikirim secara bersamaan, Anda bisa menggunakan Unggah Massal atau integrasi platfrom Anda dengan kami.

Anda memiliki pilihan untuk memesan meski tidak memiliki akun EasyParcel, namun Anda disarankan untuk Daftar akun EasyParcel sebelum anda melakukan pemesanan agar Anda bisa menikmati harga member.

Daftar akun di EasyParcel sangat mudah dan yang paling penting GRATIS.

EasyParcel adalah perusahaan yang berbasis internet. Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa merujuk pada FAQ kami atau silahkan kirimkan email ke support@easyparcel.co.id untuk layanan dari tim support kami atau email ke sales@easparcel. co. id untuk pertanyaan mengenai penjualan.
Ya, semua barang harus dipaket dengan baik untuk mencegah yang tidak diinginkan.

Jika tempat bisnis Anda membutuhkan bukti invoice dan pengiriman, Anda bisa cetak invoice dan pengiriman.

Anda bisa mendapatkan invoice pengiriman di “pesanan dan faktur” Tab

Kunjungi halaman Dasbor akun EasyParcel Anda. Klik "Kredit Saya" di sisi kiri, lalu klik “Riwayat Top Up”. Kemudian klik logo printer untuk cetak invoice.

Berat paket dapat dihitung melalui berat sebenarnya atau melalui berat volumetrik.

Berat Sebenarnya Berat paket dalam kilogram (kg). Berat Volumetrik adalah kalkulasi berdasarkan dimensi paket Anda. Jika paket Anda besar, Anda perlu menghitung ukuran volume paket Anda dengan mengunakan Kalkulator.

Berat paket akan ditentukan oleh berat sebenarnya atau dengan berat volumetrik, atau mana yang lebih berat. Berat volumetrik juga digunakan jika salah satu dimensi paket diatas 30 cm.

Anda bisa menghitung berat volumetrik untuk paket Anda menggunakan Kalkulator atau gunakan formula dibawah ini:

Berat volumetrik (kg)= (panjang x lebar x tinggi dalam cm) / 5000

Berat volumetrik bisa diaplikasikan jika salah satu dimensi paket diatas 30cm.

Pemesanan untuk pengiriman Anda akan otomatis dibatalkan jika Anda tidak membayar tagihan dalam 24 jam. Selain itu, pengiriman yang sudah dibayar akan dibatalkan jika Anda tidak menyerahkan pengiriman yang sudah Anda pesan kepada kurir dalam 7 hari setelah hari pengumpulan Anda.
Kami menyediakan flyers gratis untuk konsumen yang melakukan top up sebesar Rp 1.500.000. Anda bisa melihat promosi-promosi yang ditawarkan untuk paket top-up di sini atau beli di di sini.

Pertanyaan tentang kalkulasi harga dan pembayaran

Langkah 1: Pilih Kota Asal dan Kota Tujuan, sertakan berat paket.

Langkah 2: Klik tombol "Cek Ongkir"

Jika ongkir sesuai yang Anda inginkan, klik "Pesan Sekarang" untuk melanjutkan pesanan Anda.

Kami menyediakan dua metode pembayaran:
  1. Menggunakan kredit EasyParcel: untuk menghemat waktu Anda, EasyParcel menggunakan sistem kredit untuk membayar pesanan Anda.
    Anda bisa top up kredit EasyParcel dengan kartu kredit, transfer antar bank, atau metode pembayaran lainnya. Lihat untuk paket promosi di sini.
  2. Pay-As-You-Go: cara pembayaran ini mengizinkan pengguna EasyParcel dan yang bukan anggota EasyParcel untuk membayar sesuai jumlah ongkir yang tertera. Anda bisa membayar dengan menggunakan kartu kredit, online banking, atau ewallet.
    *Ongkir Pay-As-You-Go lebih mahal jika dibandingkan dengan ongkit member. Pengguna EasyParcel yang kekurangan kredit EasyParcel saat akan melakukan pembayaran dapat memilih metode Pay-As-You-Go namun ongkir yang dikenakan akan mengikuti ongkir bukan member. Anda bisa daftar akun EasyParcel gratis di sini.

Masuk ke dalam akun Anda. Klik pada "Top Up" tombol pada dasbor Anda. Pilih paket yang anda inginkan dan klik tombol "get it now". Anda boleh memilih membayar melalui kartu kredit, online banking atau e-wallet.

Tambahan biaya PPN 1% akan dikenakan pada jumlah top up anda.
Akan ada fluktuasi harga dari waktu ke waktu tergantung pada penyedia jasa kurir karena bahan bakar & penanganan biaya tambahan.

Pertanyaan seputar Penjemputan dan Pengiriman

Saat ini layanan pengiriman kami hanya tersedia di beberapa kota di Indonesia dan sedang dalam pengembangan untuk pengeriman ke seluruh pelosok Indonesia. (Pengiriman Internasional akan segera hadir, tetaplah bersama kami)
EasyParcel menyediakan layanan same day atau next day pick up tergantung kurir yang Anda pilih. Pihak kurir akan jemput paket Anda antara jam 13.00-18.00. Anda juga punya pilihan untuk menjadwalkan penjemputan paket anda untuk 7 hari kedepan.
Untuk pengiriman ke kota besar, umumnya hanya membutuhkan satu hari (NEXT day). Namun, kiriman kota di sekitar Jakarta dari/ke Jakarta membutuhkan waktu 2-3 hari. Akan membutuhkan waktu yang lebih banyak lagi bila alamat kiriman dikategorikan sebagai ODA (Out of Delivery Area, area di luar jangkauan), yang dapat menghabiskan waktu 3-5 hari.
Anda bisa melaporkan kepada kami dan kami akan menghubungi kurir. Kunjungi halaman “Semua Pengiriman” dan klik Ikon Tanda Seru Merah di bawah pesanan Anda.
Kurir akan datang anda antara jam 13:00 s. d. 18:00. Saat ini, pelanggan belum dapat memilih waktu penjemputan barang.
Anda bisa melaporkan kepada kami dan kami akan menghubungi kurir. Kunjungi halaman “Semua Pengiriman” dan klik Ikon Tanda Seru Kuning di bawah pesanan Anda.

Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan. EasyParcel adalah platform yang menyediakan solusi pengiriman dan kami tidak mempunyai kendali atas hal ini.

Kegagalan dalam pengumpulan paket sangat jarang terjadi kecuali jika kurir tidak bisa menemukan alamat atau terlambat dan terjadi kemacetan lalu lintas atau suatu alasan yang lain.

Anda Bisa Hubungi Kami Untuk mengatur ulang jadwal penjemputan. Pastikan Anda berada pada saat tanggal penjemputan dan alamat yang tertulis sudah benar, jadi crew kurir servis bisa sampai tepat waktu.

Silahkan hubungi kami secepat mungkin agar kami bisa membantu Anda untuk melakukan perubahan. Perubahan hanya bisa dilakukan sebelum pukul 10.00 pada hari pengumpulan atau sehari sebelumnya.
Ya, kamu bisa. Silahkan hubungi kami untuk membatalkan pesananan, namun segala biaya yang telah di gunakan tidak akan di kembalikan.
Ya, silahkan mencetak Resi/AWB. Potong sesuai dengan garis putus-putus dan tempelkan di atas paket. Simpan salinan pengirim sebagai bukti referensi.
Segera kontak kami jika nomor resi Anda tidak bisa dicetak.
Kunjungi halaman “Semua Pengiriman” dan klik Printer Ikon untuk mencetak nomor resi.
Jika hal ini terjadi, paket Anda akan ditahan sampai kami menerima pembayaran untuk biaya tambahan dari Anda.


Kit Integrasi

Integrasi kit adalah untuk yang memiliki toko online dan berniat untuk menggunakan EasyParcel untuk pengiriman.

EasyParcel otomatis dapat ambil pesanan dari platform e-commerce toko Anda dan memindahkan langsung ke akun EasyParcel Anda.

Cubecart, zencart, oscommerce, magento, woocommerce, lelong, opencart shopify, sitegiant, easystore dan masih banyak yang lainnya yang akan datang.
Klik “Alat Pengiriman Masal” pada dasbor Anda dan akan melihat “Integration Panel”. Lihat tutorial langkah-langkahnya di sini.
Tergantung dengan ukuran yang kamu pakai di toko ecommerce (contoh, Kg, gram, Pound, stone)

Bisa. Hanya tinggal klik tombol “hilangkan” atau “edit”.

*** Tapi jika Anda mengubah platform atau berat barang, Anda perlu mengunduh ulang file epi EasyParcel.

Penggunaan auto impor secara otomatis memasukkan pesanan yang baru dari toko Anda ke EasyParcel setiap 4 jam.

Kamu bisa juga menolak dengan memilih opsi “tidak” atau klik “tolak”.

epi (EasyParcel Integration File) adalah nama berkas yang bisa anda unduh dari situs integrasi EasyParcel dan unggah ke server Anda.
Epi url adalah url dari toko kamu yang kamu pasang file epi EasyParcel di server kamu.
Identitas integrasi akan secara otomatis dihasilkan oleh EasyParcel setelah Anda mengisi lengkap nama toko, platform dan berat barang.
Klik pada tombol “Semua Pengiriman” Semua daftar pesanan akan muncul di tabel.
Sekarang Anda bisa memilih tanggal pengumpulan dan mengirim pesanan untuk memesan pengiriman atau mengirimkan penggabungan paket yang memiliki alamat yang sama dan terkirim.
Ya, setiap tipe pengguna grup memiliki batas maksimal mereka. Berat maksimal untuk pengguna dasar hanya sekitar 60kg.

Pertanyaan Akun

Setiap pelanggan terbatas untuk satu akun. Walaupun begitu, untuk akun bisnis kamu bisa mendapatkan 1 tapi kamu butuh menyertakan ssm (info perusahaan).
Login dengan akun anda dan klik 'Akun Saya'. Anda dapat mengubah akun Anda pada menu 'Seting Profil'
Login ke akun Anda dan klik 'Akun Saya'. Pilih "pesanan dan faktur" Tab dan klik pada cetak logo untuk mencetak faktur.
Anda bisa melacak paket Anda dari beberapa perusahaan kurir menggunakanperangkat kami Cek Resi. Pilih kurir servis yang Anda gunakan dan masukkan tracking number/ nomor resi untuk melacak.

Ya, Anda bisa mengganti email Anda. Hubungi kami melalui email di support@easyparcel.co.id Dan kami akan membantu Anda memperbarui akun Anda.


Pemeriksaan barang yang dilarang

Ya, kami punya. Silahkan klik "Barang Terlarang" Utuk melihat daftar barang terlarang.
Setiap orang yang mengirimkan barang semacam itu melakukannya atas risiko mereka sendiri. Silahkan klik "Barang Tanpa Ganti Rugi" untuk memeriksa pada daftar Barang Tanpa Ganti Rugi.