Menetapkan harga mungkin terlihat sederhana, tetapi caramu menetapkan harga adalah cerminan dari brand milikmu, dan bagaimana kamu ingin memperlakukan customer. Strategi penetapan harga memainkan peran penting dalam bisnis. Ini bisa menjadi strategi yang ampuh dalam mengoptimalkan penjualanmu dan mendapatkan lebih banyak customer. Strategi penetapan harga harus menjadi pilihan yang diperhitungkan dan diinformasikan di mana identitas bisnis, brand dan stabilitas keuanganmu dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat kamu pertimbangkan untuk bisnis:
- Baca juga: Menarik Customer Baru
-
Penetapan Harga Berbasis Competitor
Melihat harga competitormu mungkin merupakan awal yang baik tentang bagaimana kamu ingin menentukan harga produkmu. Customer akan mencari nilai terbaik, tetapi tidak harus dengan harga terendah. Penetapan harga produk secara kompetitif dapat menguntungkan produkmu dalam jangka panjang, dan dapat bekerja dengan baik jika kamu dapat menawarkan sesuatu yang tidak ditawarkan competitor.
-
Identifikasi Produk Terlaris
Produk terlaris akan menghasilkan lebih banyak penjualan dibandingkan dengan yang lain. Jika kamu memiliki beberapa produk di toko, cobalah untuk menemukan beberapa produk yang bergerak cepat, dan optimalkan hargamu untuk item tersebut. Itu juga dapat menampilkan brandmu sebagai yang bernilai tinggi, mewah, atau premium.
-
Harga Ekonomis
Strategi penetapan harga ekonomis melibatkan penargetan customer yang ingin menghemat uang sebanyak mungkin untuk barang atau jasa apa pun yang mereka beli. Mengadopsi model penetapan harga ekonomis bergantung pada biaya overhead dan nilai keseluruhan produkmu.
Ada lebih banyak strategi penetapan harga di luar sana yang dapat kamu baca, teliti, dan terapkan untuk brandmu. Tidak semuanya akan bekerja dengan sempurna, jadi kamu perlu mencoba dan merencanakan strategi dengan cermat sebelum menentukan harga produkmu. – Putri