E-commerce adalah pasar yang berkembang, dan beberapa penjual offline, pada akhirnya akan bergabung dalam penjualan online. Perjalanan e-commerce kamu mungkin dimulai dari media sosial, atau marketplace online. Ketika semuanya berjalan dengan baik, dan permintaan customer meningkat, di situlah kamu perlu berkembang lebih besar.
Memiliki toko online sendiri jelas merupakan prospek yang menarik. Kamu dapat membangun brandmu dengan lebih baik, mendapatkan lebih banyak penjualan, dan memiliki marketing tools tambahan untuk membantu memasarkan produkmu. Apakah sudah waktunya bagimu untuk membangun toko online? Berikut adalah beberapa tanda bahwa menurut kami kamu siap untuk melangkah ke langkah yang lebih besar.
- Baca juga: Strategi Penetapan Harga
-
Meningkatnya Permintaan
Penawaran dan permintaan adalah sistem ekonomi standar dalam e-commerce. Ketika ada permintaan, akan ada penawaran. Tetapi ketika permintaan lebih baik daripada persediaan, di situlah kamu akan merasa kewalahan dengan semua pesanan yang masuk. Kamu tidak punya waktu untuk mengisi detail pesanan satu per satu secara manual. Di situlah toko online akan bermanfaat bagimu. Semuanya otomatis dengan toko online, dan pengiriman dapat dilakukan secara otomatis juga ketika kamu menggunakan EasyParcel.
-
Diversifikasi Produk
Sebagai permulaan, kamu mungkin menjual sekitar 10 produk atau kurang. Ketika kamu ingin berkembang lebih besar, kamu mulai menjual lebih banyak produk. Kamu mendiversifikasi kategori produkmu, membawa lebih banyak variasi untuk menarik lebih banyak penjualan dan customer. Akan lebih masuk akal untuk memulai toko online ketika mengembangkan produkmu. Tokomu dapat dengan mudah melacak semua pesanan, mengumpulkan informasi berharga dari customermu, dan menyimpan catatan jika terjadi sesuatu.
-
Opsi Pembayaran
Salah satu hal yang membuat toko online lebih baik dari yang lain adalah ketersediaan untuk melakukan pembayaran di channel yang berbeda. Setelah toko onlinemu aktif dan berjalan, kamu dapat memiliki beberapa opsi pembayaran seperti e-wallet, QR code, kartu debit dan kredit, serta online banking. Semakin banyak opsi yang dimiliki, semakin baik juga bagimu untuk mengubah pengguna menjadi customermu.
Beberapa tanda ini cukup baik untuk pertimbanganmu membangun toko online. Meski merupakan tantangan untuk melangkah ke langkah yang lebih besar, jangan biarkan hal itu menahanmu. Beri tahu kami jika menurutmu ada yang kami lewatkan. – Putri