Di zaman yang telah modern ini, banyak penjual toko online yang menemukan kesulitan jika harus memesan kurir satu per satu secara manual. Apalagi jika kamu punya 100 pesanan per hari, waduh jadi lebih repot. Tapi kamu tidak perlu khawatir. Di EasyParcel, kamu bisa mengintegrasikan e-commerce-mu dengan kami. Dengan melakukan integrasi dengan EasyParcel, akan memudahkan proses pemesanan dan pengiriman paket. Dalam waktu yang bersamaan kamu bisa meng-import pesanan di e-commerce-mu ke halaman checkout EasyParcel hanya dalam satu klik.
Lalu bagaimana cara mengintegrasikan e-commerce kamu dengan EasyParcel?
Cara Integrasi Dengan EasyParcel
- Link
Hubungkan toko e-commerce kamu dengan kami.
Alasan kenapa harus integrasi dengan EasyParcel
- Satu langkah untuk meng-import pesanan dari website kamu ke EasyParcel.
- Pekerjaan menjadi lebih fleksibel.
- Menghemat waktu dan menghemat uang.
- Memudahkan pengiriman setiap harinya.
- Pelanggan bisa memilih kurir yang mereka inginkan atau penjual bisa menentukan servis pengiriman apa saja yang tersedia.
Integrasi Toko E-commerce dengan EasyParcel
Jika kamu menggunakan platform e-commerce yang ada di bawah ini, kamu bisa melakukan intergasi dengan kami. Berikut adalah tutorialnya. Kamu bisa memilih tutorialnya berdasarkan platform e-commerce yang kamu gunakan.
Cara Setting Integrasi WooCommerce
Langkah 1: Setelah Login, klik “Integration”.
Langkah 2: Klik “Add New Store”.
Langkah 3: Pilih WooCommerce.
Langkah 4: Lengkapi detil yang tersedia.
Langkah 5: Isi detil, download kit integrasi dan masukkan ke File Manager e-commerce Anda.
Anda bisa memilih Simple Version atau Plugin Version. Kedua versi tersebut akan memungkinkan Anda untuk mengimpor pesanan langsung Anda ke EasyParcel secara otomatis.
Langkah 6: Lengkapi detil, kemudian klik “Submit”. Dan integrasi Anda telah selesai.
Menggunakan Platform Integrasi
Langkah 7: Klik “Your Stores”, pastikan WooCommerce Anda telah aktif.
Langkah 8: Klik tombol “Action” > “Import” untuk mengimpor pesanan Anda. Pesanan WooCommerce Anda harus dalam status “Diproses” di toko Anda agar fungsi “Impor Barang” berfungsi. Pesanan dalam status diproses akan diimpor ke akun EasyParcel Anda secara otomatis setiap 4 jam.
Langkah 9: Untuk meneruskan pesanan Anda ke pembayaran, pilih pesanan yang Anda inginkan atau pilih semua pesanan menggunakan kotak centang yang diberikan. Dan pastikan sudah memilih tanggal penjemputan paket Anda.
Langkah 10: Klik “Merge Orders” untuk menggabungkan pesanan Anda jika pesanan memiliki alamat yang sama dan Anda akan diarahkan ke proses pembayaran.
ATAU
Langkah 11: Klik “Add to Cart” dan Anda akan diarahkan ke proses pembayaran.
Cara Menggunakan Integrasi QuickSend
Langkah 1: Setelah login akun EasyParcel, pilih “Integrasi” dan klik “Tambahkan toko baru”.
Langkah 2: Klik logo “QuickSend” untuk memulai pembuatan toko baru.
Langkah 3: Lengkapi detil toko kamu.
Langkah 4: Upload logo toko online-mu. Pada bagian ini kamu bisa menentukan kurir partner EasyParcel yang akan kamu gunakan. Kamu bisa memilih berdasarkan kurir favoritmu, atau kurir dengan ongkir termurah. Setelah selesai meng-upload dan pilih kurir, klik “Kirim”.
Langkah 5: Integrasi QuickSend telah berhasil. Cek integrasi toko kamu pada tab “Toko Kamu”.
Cara Memasukkan Pesanan
Langkah 1: Copy dan bagikan link formulir detil pengiriman ke pelangganmu.
Langkah 2: Minta pelangganmu untuk melengkapi formulir, kemudian klik “Konfirm & Submit”.
Langkah 3: Pilih “Pesanan Masuk” untuk melihat pesanan yang telah masuk ke akunmu.
Langkah 4: Semua list pesanan yang masuk akan terlihat disini.
Langkah 5: Pilih pesanan yang akan kamu kirim, kemudian tentukan tanggal penjemputan dan klik tombol “Masukkan ke Keranjang”.
Jika kamu memiliki pesanan dengan alamat pengiriman yang sama, kamu dapat menggabungkan pesanan dengan mencentang pesanan dengan alamat yang sama kemudian klik tombol “Merge Orders”.
Langkah 6: Pesanan berhasil dimasukkan ke keranjang. Langsung kunjungi keranjang untuk melanjutkan ke pembayaran.
Cara Pesan Kurir dengan Fitur Kirim Banyak
Langkah 1: Login akun EasyParcel dan klik “Kirim Banyak”.
Langkah 2: Download template Bulk Parcel
Langkah 3: Lengkapi detil pengiriman sesuai template dengan benar.
Langkah 4: Upload template yang telah diisi dengan klik “Masukkan Pesanan”.
Langkah 5: Pilih file tempate yang akan kamu upload.
Langkah 6: Pesanan kamu telah berhasil di upload. Klik “Selanjutnya” untuk melanjutkan ke pembayaran, atau klik “Upload More” untuk upload lebih banyak lagi.
Langkah 7: Jika semua pesanan berhasil di-upload, kamu akan langsung diarahkan ke halaman Keranjang. Konfirmasi pesananmu dengan mencentang “Pilih Semua” dan klik “Bayar”.
Langkah 8: Lakukan pembayaran dengan mengklik tombol “Bayar dengan Saldo”.
Langkah 9: Selesai. Kamu bisa men-download dan mencetak resi paket kamu dengan klik “Print All AWB”.
Jika kamu menggunakan platform lain yang belum kami integrasikan, kamu dapat menggunakan fitur Kirim Banyak untuk melakukan pesanan yang banyak. Cukup dengan melengkapi detail pengiriman di file excel dan upload ke EasyParcel. Dengan fitur Kirim Banyak kamu bisa meng-upload hingga pesanan sampai 100 pesanan sekaligus. Ini tentunya bisa menghemat waktumu. Kamu bisa melihat tutorialnya di atas.
Untuk pengguna API, jika kamu ingin mengintegrasikan website kamu dengan EasyParcel atau website kamu menggunakan hardcode, kamu bisa mengisi form dibawah ini: