Dasbor Tips dan trik

Cara Meningkatkan Penjualan Anda Menjelang Hari Natal

Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan Anda Menjelang Hari Natal? Bagi penjual toko online, hari Natal merupakan salah satu waktu yang baik untuk meningkatkan penjualan, dan yang pasti juga merupakan penutup tahun. Hal ini dapat anda jadikan kesempatan untuk menghabiskan stok produk-produk lama dan menjual produk baru di awal tahun nanti.

Siapa yang suka hari Natal? Semua suka hari Natal terutama hadiah-hadiahnya. Menurut Google Trends, tahun 2016 lalu, key word “Hadiah Natal” memiliki traffic yang tinggi ketika dicari menjelang hari Natal, dan menurun ketika hari Natal berakhir.

Minat Pencarian “Hadiah Natal” Berdasarkan Google Trends

google trends hadiah natal 2016

(Source: Google Trends)

Seperti yang sudah kita ketahui, perencanaan adalah suatu hal yang penting untuk menargetkan hari Natal yang akan datang ini. Dengan melakukan perencanaan kamu akan lebih teratur dan lebih memiliki persiapan. Menjelang hari Natal ini banyak orang yang akan memberikan hadiah natal pada keluarga dan orang terdekat. Ini bisa kamu jadikan peluang untuk meningkatkan penjualan bisnis online-mu. Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualanmu menjelang hari Natal.

5 Tips Untuk Meningkatkan Penjualan Anda Menjelang Hari Natal

1. Landing Page yang Meriah

Christmas Website template

(Source from TemplateMonster)

  • Buatlah website kamu terasa meriah sehingga menciptakan suasana yang menyenangkan. Terutama menjelang hari Natal ini, buatlah suasanya yang menyenangkan sehingga pelangganmu betah melihat websitemu. Pilih warna-warna Natal, masukan dekorasi Natal seperti lonceng, bintang, pohon natal, dan lainnya. Sebarkan semangat Natal melalui toko online-mu.

2. Penawaran Natal yang Menarik

Christmas Offer

(Source from A.B. Whelan)

  • Mengadakan Kontes
    • Siapa sih yang ngga suka kontes dimana kamu bisa memenangkan hadiah-hadiah? Mengadakan kontes adalah cara yang menyenangkan untuk menarik perhatian pelangganmu. Kontes ini bisa berupa kontes foto, video atau bahkan kontes caption terbaik. Mengadakan kompetisi di toko online-mu tentunya dapat membuat brand kamu makin dikenal.
  • Menawarkan Diskon dan Promosi
    • Berikan diskon 20%, 30%, atau 50% kepada pelangganmu yang berbelanja di websitem-mu. Ini akan meningkatkan konversi kamu. Ada banyak cara untuk memberikan diskon atau promosi ke pelangganmu. Memberikan diskon dan promosi adalah salah satu cara untuk menjadikan pengunjung baru website-mu menjadi pelanggan tetapmu. Misalnya kamu bisa menampilkan pop up page yang menawarkan diskon 50% cukup dengan berlangganan newsletter. Tidak hanya menjadikan traffic kamu menjadi pelangganmu, tapi kamu juga mendapatkan email mereka yang mana dapat berguna untuk bisnis kamu di waktu yang akan datang.
  • Membuat Tenggat Waktu
    • Banyak cara untuk menawarkan promosi Natal, namun salah satu hal yang penting untuk dilakukan adalah membuat tenggat waktu pada promosimu. Contohnya kamu dapat menampilkan tulisan menarik di landing page yang berisi: “tinggal 5 hari lagi kamu dapat menikmati diskon 70%”. Metode ini dapat meningkatkan conversion rate dengan mudah, karena membuat pelangganmu terburu-buru berbelanja di toko online-mu.

3. Layanan Spesial Natal

Special Christmas Service

  • Gratis Pengiriman Free Shipping
    • Jika toko online kamu tidak pernah membuat promo gratis pengiriman, maka ini adalah waktu yang tepat. Hal penting selanjutnya yang membuat pelangganmu berbelanja di toko online-mu di musim liburan ini adalah dengan adanya promo pengiriman gratis. Kamu bisa mengecek EasyParcel Kami menyediakan pemesanan kurir pengiriman secara online, dimana saat ini kami mengadakan promo flat rate ongkir di seluruh Pulau Jawa sebesar Rp5.000. Jika selama ini toko online-mu telah memberikan gratis pengiriman, maka terus jalankan promosi tersebut.
  • Layanan Membungkus Hadiah
    • Menjelang hari Natal ini, penawaran layanan membungkus hadiah tidak hanya akan memberikan kepuasan pelanggan, namun juga akan menambahkan nilai produk yang kamu jual. Ini merupakan layanan yang sangat bermanfaat bagi pelangganmu.
  • Membuat Pesan Pribadi
    • Dengan adanya layanan membungkus hadiah, salah satu penawaran lain yang harus ada adalah layanan membuat pesan pribadi. Pelangganmu tentunya ingin menuliskan sesuatu kepeda penerima hadiahnya. Jadi layanan ini akan sering digunakan pelangganmu. Di musim liburan ini, produk yang kamu jual akan dibeli sebagai hadiah, jadi manfaatkan penawaran ini untuk membuat pelangganmu merasa servis yang kamu berikan sangat memuaskan.

4. Beriklan Terus-menerus

Aggressive Advertising

(Source from Crown Advertising)

Sebelum lanjut kembali, semua bisnis baik bisnis kecil ataupun bisnis besar, kamu harus menentukan channel iklan mana yang baik untuk bisnis kamu. Menganalisa data dan melakukan penelitian akan menyimpan uangmu ketika beriklan, maka dari itu persiapan sangat penting sebelum melakukan eksekusi.

  • E-mail Marketing
    • Jika sebelumnya kamu sudah menggunakan e-mail marketing di toko online-mu, maka sekarang adalah waktunya untuk memaksimalkannya. Cukup dengan database yang sudah kamu miliki, kamu dapat mengirimkan e-mail blast yang berisi kupon diskon, dan kamu bisa mendapatkan penjualan lebih dari yang didapat melalui iklan. Jika daftar e-mail-mu sudah berdasarkan kategori yang berbeda, itu akan lebih baik, jadi kamu dengan mudah dapat mengetahui target pelangganmu.
  • Blog Post
    • Konten adalah hal terpenting. Oleh karena itu kamu dapat menge-post blog yang bertema Natal karena akan menarik perhatian pengunjung baru, dan dapat mengubah pengunjung tersebut menjadi pelangganmu. Salah satu contoh blog post yang bisa kamu buat adalah mengenai “Pilihan Hadiah Natal”, karena orang-orang akan mencari tahu terlebih dahulu hadiah yang akan dibeli.
  • Facebook Ads
    • Sejauh ini, Facebook Ads adalah cara terbaik untuk menemukan pelanggan. Kamu bisa memilih berdasarkan demografis, kesukaan, dan masih banyak lagi. Facebook Ads dapat sangat mudah untuk dilakukan, bahkan jika kamu sebelumnya belum pernah menggunakannya.
  • Google Adwords
    • Jika kamu sebelumnya sudah pernah menggunakan Google Adwords, alangkah baiknya jika kamu menggunakannya lagi. Yang perlu kamu ingat, menjelang hari Natal ini akan ada banyak toko online yang mengiklankan promo mereka. Salah satu cara untuk menarik pelanggan melalui Google Adwords adalah dengan menggunakan kata-kata yang catchy seperti “diskon 50%”, “Gratis Pengiriman”, “Gratis Membungkus Hadiah”, dan masih banyak lagi.

5. Menambah Persediaan Produk

Stock Up Supplies

(Source from Decorator’s Warehouse)

  • Menjelang hari Natal ini, kamu akan banyak melakukan penjualan dan tentunya kamu tidak ingin berada di posisi dimana kamu akan minta maaf karena produk yang kamu jual habis. Jadi pastikan kamu memiliki stok produk yang cukup selama menjelang hari Natal.

Penting bagi kamu pemilik toko online untuk melakukan perencanaan dan persiapan menyambut Hari Raya seperti Hari Natal dan Hari Lebaran. Jika perencanaan dan persiapan tidak dilakukan secara matang, akan beresiko bagi bisnis kamu. Dan yang terakhir, ketika perencanaan dan persiapan sudah selesai, yang perlu kamu lakukan adalah eksekusi. Perencanaan dan persiapan sudah selesai namun tidak melakukan eksekusi tetap saja sia-sia.

Semoga blog ini dapat menambah pengetahuanmu dan membantuk kamu untuk meningkatkan penjualanmu menjelang Hari Natal. Dalam rangka menyambut Hari Natal ini, kami memberikan promo spesial yaitu December Big Deals, ongkir super murah di seluruh Pulau Jawa hanya Rp5.000! Ayo ikuti promonya!