Terkesan mudah, berjualan online sangat diminati oleh banyak orang. Namun tidaklah mudah untuk membuat toko online yang sukses. Beberapa hal yang perlu dilakukan oleh para penjual agar sukses berjualan online. Jika kamu tertarik untuk berjualan online, berikut adalah 5 tips yang bisa kamu lakukan:
1. Buat Toko Online-mu Mudah Ditemukan Secara Online
Penting sekali untuk membuat tokomu gampang ditemukan secara online. Misalnya dengan membuat akun media sosial untuk toko online-mu. Media sosial bisa kamu gunakan menjadi sarana untuk memberikan update terbaru yang ada di toko online seperti jika ada promo baru atau jika kamu mengeluarkan produk baru, dan lain-lain, serta sebagai tempat untuk berinteraksi langsung dengan para pembeli.
Salah satu media sosial yang bisa kamu pilih adalah Instagram. Hingga Juni 2018, Instagram telah menembus 1 milyar pengguna aktif di seluruh dunia. Sebagai media sosial yang pertumbuhan pengguna aktifnya paling tinggi, Instagram bisa membantu kamu menyebarkan brand awareness toko online-mu. Saat ini banyak toko online yang memiliki akun di Instagram, diantaranya Rollover Reaction.
Rollover Reaction adalah salah satu toko online yang aktif memberi update mengenai produk dan promo terbaru di toko onlinenya.
Kedua, menginvestasikan waktu dan usaha dalam Google Search Engine Optimization adalah cara yang baik untuk membuat bisnis kamu mudah ditemukan secara online juga. Search Engine Optimization atau yang biasa disebut dengan SEO adalah proses memengaruhi peringkat situs web dalam hasil mesin pencari. Dengan menginvestasikan beberapa upaya dalam SEO, situs web toko online akan diberi peringkat dalam beberapa hasil pencarian teratas yang menarik lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda. Google memiliki lebih dari 3,5 miliar pencarian per hari, jadi ini sangat penting untuk memastikan toko online kamu dapat ditemukan di Google!
2. Optimalkan Desain Situs Web Toko Online-mu
Sangat penting untuk memastikan desain situs web diatur sedemikian rupa sehingga pengunjung dapat mengetahui apa yang mereka inginkan dalam hitungan detik. Pembeli menginginkan tampilan situs web yang bersih dan sederhana yang secara jelas menampilkan produk yang ditawarkan. Tampilan yang membingungkan dapat mempersulit peluang kamu untuk mendapatkan penjualan. Selain itu, sebisa mungkin, untuk memperkecil jumlah klik sebelum proses pembayaran yang sebenarnya. Karena utama dari tampilan situs web adalah agar pembeli dapat melakukan pembelian yang mudah dan tidak merepotkan.
Contohnya adalah situs web www.cottonink.co.id. Toko online ini memberikan tampilan yang bersih dan membuat pembeli memilih produk yang diinginkan dengan mudah.
3. Sediakan Customer Service yang Baik
Sebelum pembeli berbelanja online, mereka butuh lebih diyakinkan untuk membeli barang yang kamu jual. Mereka membutuhkan sebuah jaminan. Customer service adalah salah satu aspek yang paling penting untuk memberi mereka jaminan, terutama berbelanja online di mana lebih banyak ketidakpastian diberikan. Calon pembeli akan lebih sering mencari perusahaan yang memiliki ulasan dan peringkat yang bagus.
Ketika calon pembeli memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan, customer service harus segera menjawab pertanyaan dan memberikan bantuan. Maka dari itu, sangatlah penting untuk menginvestasikan waktu dan uang untuk customer service yang hebat.
Ini adalah contoh customer service Lazada menjawab pertanyaan dan keluhan pembeli di akun media sosial mereka. Ini menunjukan bahwa pentingnya menjaga customer service yang baik, bahkan bagi perusahaan besar.
4. Buat Deskripsi Produk yang Jelas
Deskripsi produk merupakan salah satu hal yang penting dalam berjualan online. Pastikan alat pencarian di situs web toko online kamu dikategorikan dengan jelas dan mencakup beberapa kategori. Berikan pembeli kebebasan untuk mencari berdasarkan merek, musim, harga, dll. Ini akan memungkinkan mereka untuk membandingkan produk dengan mudah dan juga bisa mempercepat proses pembelian.
Selain itu, buat deskripsi produk tetap sederhana dan informatif. Sertakan detail penting (yaitu dimensi, opsi warna, instruksi perawatan, jangkaa waktu pengiriman), tetapi pertahankan deskripsi sesingkat mungkin.
Deskripsi produk yang diberikan oleh Zalora sangat jelas sehingga membuat pembeli mudah memahami produk yang dijual.
5. Beri Alasan Agar Mereka Kembali Mengunjungi Toko Online-mu
Terakhir, pembeli yang kembali secara berulang atau pelanggan adalah yang paling menguntungkan toko online kamu. Dorong pelanggan untuk secara teratur mengunjungi situs web toko online kamu karena pelanggan yang mengunjungi situs web toko online kamu berulang kali akan meningkatkan penjualan pasti. Kamu dapat melakukan ini dengan menambah konten secara teratur, memberikan informasi tentang produk baru, memposting berita relevan yang akan mereka minati, dan bukan hanya memasarkan produk kepada mereka. Buatlah topik menarik yang benar-benar ingin diketahui orang. Singkatnya, hanya menambahkan konten berkualitas secara teratur adalah cara yang baik untuk mendapatkan pengunjung berulang.
Demikianlah tips yang perlu kamu lakukan agar sukses berjualan online. Semoga tips di atas bermanfaat untuk toko online-mu. Selamat mencoba!